You are currently viewing 4 Hal Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Traditional Espresso Machine
traditional espresso machine

4 Hal Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Traditional Espresso Machine

Apa yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli traditional espresso machine? Ada banyak sekali jenis dan merk espresso machine atau mesin kopi yang ada di pasaran. Tentu, tidak semuanya bagus atau berkualitas tinggi. Selain itu, jenis-jenis mesin kopi juga beraneka ragam, mulai dari jenis tradisional, semi-otomatis, maupun otomatis.

Jika Anda menginginkan mesin kopi yang praktis serta mudah digunakan, tentu mesin espresso otomatis merupakan pilihan yang tepat. Lain halnya jika Anda benar-benar mengutamakan kualitas dan rasa kopi yang dihasilkan. untuk kualitas kopi yang lebih baik, Anda sebaiknya memilih mesin kopi jenis tradisional.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam memilih mesin kopi atau espresso jenis tradisional. Apa sajakah?

Mempelajari Cara Kerja Mesin Kopi Tradisional

Jika Anda memang sudah berpengalaman sebagai barista, tentu menggunakan mesin kopi tradisional bukanlah masalah besar. Namun, berbeda jika Anda masih tergolong pemula. Menggunakan mesin kopi tradisional mungkin terasa lebih sulit karena Anda harus meracik komposisi kopi yang akan dibuat sendiri.

Untuk itu, setidaknya Anda harus mempelajari cara pembuatan kopi dengan mesin tradisional terlebih dahulu, setidaknya secara teori. Jika dirasa tidak masalah, maka Anda bisa melanjutkan membeli mesin kopi jenis ini. Namun, jika Anda merasa kesulitan, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli mesin jenis lainnya seperti jenis semi-otomatis maupun otomatis.

Membaca Review Pengguna

Saat ini, mengetahui review atau penilaian dari pengguna suatu produk bukanlah suatu hal yang sulit. Ya, karena review-review semacam itu banyak bertebaran di internet. Manfaatkanlah hal ini untuk mengetahui jenis mesin espresso tradisional yang paling tepat untuk Anda.

Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Beberapa diantaranya adalah merk, fitur, cara kerja, harga, beserta desain mesin. Bandingkanlah satu produk dengan lainnya untuk mendapatkan yang terbaik.

Mengetahui Besaran Daya Listrik yang Digunakan

Walaupun secara umum mesin kopi tradisional lebih hemat listrik daripada mesin kopi otomatis, tetap tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu besaran daya yang dibutuhkan. Hal ini untuk menghindari listrik yang tiba-tiba down pada saat mesin digunakan. Kondisi ini jika terjadi berulang kali tentu saja akan merusak mesin kopi.

Mengetahui Cara Perawatan

Sangat penting untuk mengetahui cara perawatan mesin kopi tradisional untuk mencegah kerusakan. Misalnya, ada beberapa hal yang harus dihindari seperti mencuci dengan air yang terlalu banyak pada semua bagian mesin.

Dengan mengetahui cara perawatan yang benar, mesin kopi Anda tidak hanya akan tahan lama. Akan tetapi, kopi yang dihasilkan akan lebih terjaga kualitas dan cita rasanya. Ya, salah satu kelebihan utama dari traditional espresso machine adalah hasil akhir kopi dengan kualitas yang tinggi.

Leave a Reply